Hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023, seluruh bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang tahun Republik Indonesia ke 78. Berbagai kalangan kana mengaakan dan mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tersebut.

Upacara dipusatkan di Jakarta namun juga dilaksanakan di berbagai daerah secara serentak. Pelaksanaan Upacara mempunyai protokol atau tata cara sendiri tidak seperti upacara lainnya. Dari seragam hingga urutan acara merupakan satu kesatuan yang tidak boleh diabaikan. Karena itu penting bagi Panitia Upacara untuk memperhatikan dan memastikan bahwa seluruh kegiatan mememnuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

Doa upacara 17 Agustus menjadi salah satu rangkaian yang tak boleh dilewatkan saat perayaan Hari Kemerdekaan. Melalui rangkaian ini, peserta upacara bisa mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.
Doa biasanya dibacakan di upacara resmi yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan dan swasta. Umumnya, doa tersebut dibacakan dalam teks bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
Tidak hanya memuat permohonan ampunan dosa bagi para pahlawan, doa upacara 17 Agustus juga bisa dibaca untuk memohon takdir terbaik bagi bangsa Indonesia. Misalnya, memohon kesejahteraan, ketentraman, dan kedamaian di bangsa ini.
Saat pelaksanaan upacara HUT RI, pembacaan doa biasanya dilakukan di detik-detik terakhir. Simak contoh doanya berikut ini untuk dijadikan referensi.
Link Doa Upacara 17 Agustus untuk Memperingati HUT ke-78 RI:

By admine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *